salam

chemistry lover

Sunday 18 January 2015

Sintesis Asam 3,5-dinitrobenzoat


SINTESIS ASAM 3,5-DINITROBENZOAT



TINJAUAN PUSTAKA

   Cara terbaik untuk memasukkan gugus fungsional kecincin aromatic ialah dengan cara substitusi elektrofilik aromatic. Pada metode ini mula-mula dibentuk suatu gugus positif  yang cukup kuat untuk menarikelektron keluar dari cincin untuk membentuk ikatan. Substitusi elektrofilik pada cincin aromatic ini dapat dilakukan dengan cara nitrasi, sulfonasi, hlogenasi, alkilasi dan asilasi cincin aromatikdengan membentuk terlebih dahuluelektrofil-elektrofilNO2+, HSO3+, Cl+ atau Br+, R+ dan RCO+
   Percobaan ini dilakukan untuk memahami prinsip reaksi substitusi elektrofilik pada cincin aromatic. Pada nitrasi asam benzoate ini akan terbentuk suatu senyawa dinitrasi pada kedudukan metaterhadap asam benzoate. Reaksi yang terjadi pada percobaan ini dapat dilihat pada persamaan rekasi berikut :


METODE

Bahan : asam sulfat pekat, asam nitrat berasap, asam bezoat, aquades
Alat : beaker gelas, pipet seukuran dan pengisap, penangas uap, hotplate, penangas es, corong Buchner dan pengisap , lemari asam dan alat penentu titik leleh

CARA KERJA 

  1. masukkan ke dalam beaker gelas 0.61 g asam benzoat, kemudian tambahkan 5 mL asam sulfat pekat dan 2 mL asam nitrat berasap dengan menggunakan pipet.setelah 5 menit masukkan beaker gelas kedalam penangas air atau diatas hot plate dan biarkan selama 30 menit, maka akan timbul asam coklat dari NO2. dijaga agar cairan tidak mendidih.
  2. dinginkan campuran dalam penangas es. saring endapan yang terbentuk dengan corong buchner. cuci dengan aquades lalu keringkan di udara.
  3. timbang berat endapan dan tentukan titik lelehnya


No comments:

Post a Comment

Test Footer