salam

chemistry lover

Monday 20 July 2015

PEMANIS BUATAN DARI PROTEIN


  1. Brazzein : ukurannya yang terkecil dibanding pemanis buatan dari protein lainnya, paling stabil terhadap pemanasan dan pH, hal ini menjadikannya ideal dalam proses kimia maupun penyusnan stuktur sebagai pemanis. Pemanis ini terdiri dari 54 residu asam amino dan dilaporkan memiliki derajat kemanisan 500-2000 kali lebih besar dibandingkan sukrosa. Brazzein diisolasi dari buah tanaman Afrika Pentadiplandra Brazzeana.
  2. Thaumatin memilikiderajat kemanisan 10 000 kali lebih besar dari gula, Thaumatin diisolasi dari buah tanaman tropis  Thaumatoccous danielli. Terdiri dari 207 rsidu asam amino dan 8 ikatan disulfida antar molekulnya dan tanpa residu sistein. Thaumatin mengalami agregasi dengan pemanasan pada pH 7 dan suhu diatas 70 oC, dimana pada keadaan ini efek pemanisnya hilang.
  3. Monellin terdiri dari 2 ikatan kovalen polipeptida, rantai A terdiri dari 44 residu asam amino dan rantai B 50 residu asam amino. Monellin berasal dari proses pemurnian buah Dioscoreophyllum cumminisii dari afrika barat dan memiliki derajat kemanisan 100.000 kali lebih besar dari gula. Monellin rantai tunggal yang tersusun dari 94 residu polipeptida dikatakan lebih stabil pada suasana asam maupun pemanasan.
  4. Curculin diestrak dari buah Curculigo latifolia dengan derajat kemanisan 350.000 sukrosa dan memilki kemampuan dalam hal modifikasi rasa.
  5. Mabinlin merupakan pemanis yang paling stabil terhadap pemanasan. Mabilin memiliki stabilitas terhadap pemanasan karena memiliki 4 jembatan disulfida. Mabilin diekstrak dari Capparin masakai. terdiri dari 33 residu asam amino untuk rantai A dan 72 residu asam amino untuk rantai B. Rantai B memiliki 2 ikatan intamolekulerdisulfida  dan terhubung dengan rantai A melalui jembatan disulfida. 
  6. Miraculin diestrak dari Richadella dulcifica, proteinnya merupakan polipeptida tunggal dengan 191 residu asam amino. Miraculin memiliki modifikasi rasa yang sangat baik, penambahannya terhadap semua asam membuat perubahan rasa menjadi manis.
  7. Pentadin, ditemukan pada tahun 1989, protein ini 500 kali lebih manis dari sukrosa dan merupakan hasil ekstraksi dari buah pentadiplandra brazzeana

No comments:

Post a Comment

Test Footer