salam

chemistry lover

Tuesday 29 April 2014

Analisis Kualitas Udara

Jangan Cemari aku
    Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi. Komposisi campuran gas tersebut tidak selalu konstan. Udara merupakan komponen utama yang menunjang kelangsungan hidup manusia maupun mahluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan hewan.Dari waktu ke wakyu, kualitas udara dilingkungan kita semakin menurun dengan semakin banyaknya pencemaran udara yang disebabkan oleh asap  kendaraan bermotor, asap pabrik, maupun oleh tumpukan sampah.Menurunnya kualitas atau berubahnya komposisi udara dari kumposisi udara alamiyahnya menunjukan sudah terjadinya pencemaran udara.
   Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya zat, energi, dan atau komponen linnya ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara ambien turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya. Udara ambien adalah udara di sekitar kita di lapisan troposfer yang apa adanya yang sehari-hari kita hirup. dalam keadaan normal, udara ambien ini terdiri dari gas nitrogen (78%), oksigen (20%), argon, (0,93%), dan gas karbon dioksida (0,03%). Pengujian yang dilakukan terhadap udara ambien meliputi :
  1. Karbon Monoksida(CO)
  2. Oksida nitrogen(NOx)
  3. Nitrogen Dioksida(NO2)
  4. Sulfur Dioksida(SO2)
  5. Hydrogen Sulfida(H2S)
  6. Amonia(NH3)
  7. Oksidan(O3)
  8. Debu
  9. Timah hitam(Pb)
  10. Hidrokarbon(HC)
  11. Intensitas Kebisingan
                    

  sumber yang menjadi penyebab pencemaran udara dibagi menjadi 2 yaitu sumber pencemar primer dan sumber pencemar sekunder. sumber pencemar primer merupakan cemaran udara dimana substansi cemaran yang ditimbulkan lansung dari sumber pencemar udara, contohnya partikulat, NOx, CO, SO2 , dst.Sedangkan sumber pencemaran sekunder adalah pencemaran dimana pencemar yang timbul, terbentuk oleh interaksi kimiawi antara pencemar primer dengan senyawa-senyawa penyusun atosfer alamiyah. dalam hal ini pencemaran sekunder terbagi kedalam 2 sifat yaitu alami(natural) dan Antropogenik

No comments:

Post a Comment

Test Footer